Cetak Ini | Kembali ke Artikel

logo

Pelayanan Revive Israel

©Maret 31, 2012 Revive Israel Ministries

Definisi Kasih Yang Alkitabiah

Oleh Daniel Juster

Allah Adalah Kasih

Alkitab menyatakan kepada kita bahwa Allah adalah kasih. (1 Yoh 4:16). Ini adalah karakter asli Allah. tetapi ini juga menyatakan kepada kita bahwa Allah adalah hakim yang ditakuti. Di dalam kitab Keluaran kita membaca definisi karakter Allah yang di dalam tradisi Yahudi dikenal dengan nama ke-tiga belas atribut Allah.

Kel 34:6-7
"Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: TUHAN, TUHAN, Allah penyayang  dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat."

Ayat ini jelas menyatakan bahwa dosa memiliki dampak melampaui batas generasi dan membawa hukuman. Hal ini dikarenakan perbuatan dosa terulang dari generasi ke generasi. Allah yang adalah kasih dan bertindak di dalam kasih, juga menghukum dosa.

Kasih Dan Keadilan

Jadi, apa itu kasih? Kesimpulan saya setelah membaca Alkitab secara empiris ialah bahwa "Kasih adalah identifikasi perasaan dengan sesama yang mencari Allah mereka. Allah mereka dinyatakan melalui takdir yang Allah tentukan bagi mereka" Definisi ini memiliki nilai obyektif, karena tidak ada sesuatu yang bertentangan dengan Allah disebut kasih. Takdir Allah bagi setiap umat manusia hanyalah atas dasar kebenaran-Nya. Ini berarti bahwa kasih sejati adalah berdasarkan pimpinan hukum Alkitab. Tanpa hukum Alkitab, itu semua hanyalah sebuah perasaan belaka.

Keadaan / orde adil adalah salah satu hal yang membuat manusia menggenapi takdir yang Allah tentukan bagi mereka.  Tetapi keadaan tak berkeadilan, mencegah atau menghalangi penggenapan dari takdir manusia yang telah Allah tentukan. Keadilan tidak berlaku untuk kesamaan hak, kecuali pada norma-norma Alkitab dimana semua manusia diciptakan segambar dan serupa Allah untuk diperlakukan dengan terhormat dan bermartabat, serta semua adalah sama dihadapan pengadilan dalam hal perbuatan salah dan penghukuman.

Identifikasi Kasih Dengan Orang Lain

Definisi kasih itu termasuk tempat dari emosi. Identifikasi kasih memampukan kita untuk menaruh kita pada posisi seoalah seperti sepatu bagi orang lain, dan merasakan perasaan emosi yang memotivasi kita untuk bertindak bagi kebaikan mereka. Tidak semua dipanggil dengan kekayaan yang sama, seperti definisi Marxis akan keadilan,  tetapi orde / keadaan adil adalah pasti suatu keadaan dimana orang-orang yang bertanggung jawab memiliki materi berkecukupan, karena tanpa hal itu, penggenapan belum tergenapi.

Untuk dapat mengasihi sesama, pertama-tama kita harus mengetahui apa itu kasih Allah. Kasih merasakan nilai dari seseorang yang merupakan obyek dari kasih itu sendiri. Ketika kita melihat orang lain seperti hakekat penciptaan, yakni segambar seperti Allah, maka kita akan melihat harga dan nilai yang lebih di dalam mereka. Hanya melalui Allah kita dapat merasakan identifikasi kasih dengan sesama. Ketika kita tahu bahwa kita diciptakan segambar dengan Allah, maka kita akan menjadi sadar akan keindahan, kebaikan, kasih, dan keadilan-Nya. Kita ingin menjadi bagian dari niat penggenapan Allah, melihat semua umat manusia, mengasihinya, patuh pada peraturan-Nya, dan mengakui anak-Nya Yesus, yakni Penyelamat dan Raja kita. Takdir ini termasuk persekutuan kasih yang tak berkesudahan.

Tadir Allah Bagi Orang-Orang Lainnya

Kasih menginginkan yang terbaik bagi orang lain. Hal terbaik bagi orang lain adalah kehendak Allah digenapi dalam hidup mereka. Jika kita mengasi seseorang, kita mau tadir Allah digenapi dalam mereka. Definisi ini menjamin penyelenggaraan standar-standar. Ketika standar-standar boleh untuk dilanggar, maka hal ini akan memimpin manusia pada keadaan ke-tidak adilan dan dosa, dan berakhir pada tidak tergenapinya takdir yang seharusnya manusia alami, serta menghancurkanm kasih itu. Kasih hanya tumbuh pada keadaan adil. Anak-anak hasil perceraian orang tua, sangat sulit untuk menggenapi takdir Allah bagi mereka. Masyarakat yang tidak memiliki nilai pernikahan akan berujung pada penghancuran.

Kasih bukan hanya perasaan subyektif belaka, tetapi perasaan itu adalah bagian dari kasih. Kasih meminta standar-standar obyektif menurut prinsip-prinsip Alkitab yang memampukan kasih dan pengampunan Allah terwujud di dunia ini. Identifikasi kasih dengan sesama hanya mungkin terjadi melalui pekerjaan transformasi yang Yesus lakukan di dalam hidup kita, oleh kekuatan Roh Kudus. Dia memampukan kita untuk mengasihi.


Kota Yerusalem – Doa Besar

Kamis kemarin, anggota dari 6-7 jemaat di Yerusalem bertemu untuk acara pujian dan penyembahan bersama. Pastor Eddie Santoro dan Zvi Randelman memimpin acara doa tersebut  yang berpusat pada pujian penyembahan sebagai senjata peperangan rohani. Kita semua merasakan bahwa berbagai kesulitan-kesulitan yang mengepung Israel di akhir zaman semakin menjadi, dan kita harus belajar untuk melihat kepada Tuhan dan memujinya di tengah-tengah kesulitan, yang mana pasti akan melepaskan kuasa-Nya. Dia dapat mengubah yang buruk menjadi baik. Kehendak Allah bagi semua orang dari semua bangsa adalah untuk bertobat dan datang kepada keselamatan. Di tengah masa kesulitan, Israel akan diselamatkan (Yeremia 30:7).

Pertemuan doa ini bertempat di malam "Sejuta Orang Dunia Berjalan Menuju Yerusalem" Ini bukan yang pertama kali seseorang mencoba mengatur sejuta manusia berperang melawan Israel (2 Twarikh 14:9). Pula tidak akan menjadi yang terakhir. Tujuan dari menyatukan tenaga global melawan Israel akan berlanjut semakin parah sampai akhirnya semua bangsa dunia akan menyerang Yerusalem (Zakharia 14:2).

Fakta bahwa banyak jemaat di Yerusalem datang dengan pengumuman singkat untuk doa bersama dan bersatu adalah tanda dari kemenangan besar rohani. Dan kita berdiri bersatu dalam kasih dan iman, dan kekuatan iblis akan terpecah dan jatuh (Lukas 11:17).


Paskah

Jumat malam ini menandai makan Paskah bagi umat Yahudi di seluruh dunia. Semua keluarga Yahudi yang jauh pasti memiliki satu kerabat atau teman yang merupakan Yahudi Mesianik. Mari berdoa bagi orang-orang kita supaya mereka mengetahui pengertian sepenuhnya akan Paskah, dengan Yesus sebagai domba Paskah yang mengambil dosa dunia.


Kembali ke Artikel 2012


Mari BERDOA untuk pelayanan penginjilan kami di Israel, menumbuhkan jemaat Messianic, pusat latihan pemuridan, pujian nubuatan dan pendoa-pendoa Ibrani, dan bantuan keuangan bagi yang membutuhkan.